Home » » HIDUP SENANG, TAK PERLU SUSAH

HIDUP SENANG, TAK PERLU SUSAH

Written By RUMAH SEHAT IBNU MALKAN melayani terapi lebah, lintah, gurah, ruqyah, bekam hijamah, bio listrik, akupunktur, akupresure, diagnosa, pelatihan online on Sabtu, 02 Mei 2020 | 23.06

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*HIDUP SENANG, TAK PERLU SUSAH*


Salah satu guru saya, Al-Habib Zainal Abidin Al-Aidid Magelang mengatakan, _"Apa yang kamu anggap masalah, sesungguhnya hanyalah apa yang tidak bisa diterima oleh nafsumu saja"._ Kata-kata beliau ini cukup menarik untuk diberi _syarah_ lebih lanjut. 

Terkadang seseorang merasa sedih, tidak bahagia, dan menjadikan suatu hal sebagai masalah. Padahal, bukan hal itu yang menjadi masalah, tapi yang menjadi masalah adalah dirinya sendiri. Cara berpikirnya yang salah alias mindset yang keliru.

Suatu hal yang patut untuk disyukuri, bisa berubah menjadi suatu hal yang dikeluhkan jika cara pandangnya keliru. Nasihat beliau akan lebih mudah dipahami dengan menggunakan beberapa contoh. 

Misalnya, seseorang yang sudah bekerja di suatu tempat. Pekerjaannya baik untuk dunia dan akhiratnya. Gajinya juga lumayan cukup. Tapi lama-lama dia merasa tidak bahagia dan resah. 

Ternyata sesungguhnya, dia tidak bahagia karena tidak bisa menuruti hawa nafsunya, tidak sesuai dengan keinginan nafsunya. Misalnya ingin gaji yang lebih tinggi, ingin tempat kerja yang lebih modern, dan seterusnya. 

Contoh lain, seseorang yang sudah menikah dengan wanita shalihah. Lama-kelamaan dia merasa tidak bahagia. Ternyata dia tak bahagia karena mengganggap bahwa bahagia itu jika bersama pujaan hatinya yang dulu atau menginginkan istri yang lebih cantik, putih, muda, dan sebagainya. 

Jadi, seseorang merasa tidak bahagia, sedih, dan bermasalah karena sebenarnya dia tidak bisa menuruti hawa nafsunya. 

Padahal Islam mengajarkan untuk menahan, mengontrol, dan mengatur hawa nafsu. Bukan mengumbar dan selalu memenuhinya. 

Seandainya orang tersebut sabar dan ridha atas segala hal yang terjadi, niscaya tidak ada masalah dalam hidupnya. Bahkan, seandainya itu masalah, maka akan tetap dianggap sebagai nikmat.

Imam At-Tirmidzi meriwayatkan pesan suci Baginda Rasulullah _shallallâhu 'alaihi wa sallam,_

وَارْضَ بِمَا قَسَمَ اللّهُ لَكَ تَكُنْ أغْنَى النَاس

'Ridhalah atas segala pemberian Allah, niscaya engkau akan menjadi orang yang paling kaya'.

Share this article :

0 komentar:

Whatsapp

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. IBNU MALKAN/TERAPI LEBAH/LINTAH/AKUPUNTUR/AKUPRESUR/GURAH/RUQYAH/DIAGNOSA ONLINE/TERAPI JARAK JAUH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger