Turun berok

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Kamis, 20 September 2018 | 00.29

Berok Jangan Dianggap Sepele, Ketahui Penanganan Yang Tepat

    

Turun berok bisa dialami oleh siapa saja, termasuk bayi dan orang dewasa. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit. Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi turun berok yang tepat.

Turun berok atau secara medis disebut penyakit hernia, terjadi saat suatu organ di dalam tubuh menonjol keluar melalui celah pada otot atau jaringan penyangga di dalam tubuh. Turun berok bisa terjadi pada perut, pusar, bagian atas paha, dan selangkangan.

Tanda-tanda Turun Berok

Seseorang yang mengalami turun berok biasanya akan merasakan adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu. Benjolan pada turun berok ini terkadang ada yang bisa didorong masuk kembali ke dalam tubuh, namun ada yang tidak. Benjolan dapat terasa pada waktu berdiri, membungkuk, tertawa, mengejan saat buang air besar, atau batuk.

Munculnya benjolan hernia dapat disertai dengan rasa sakit. Rasa sakit pada hernia bisa muncul saat tidak beraktivitas, atau muncul saat melakukan aktivitas tertentu seperti berjalan, membungkuk, berlari atau mengangkat beban. Ketika bayi menderita turun berok, biasanya benjolan akan muncul saat anak sedang menangis.

Turun berok dapat terjadi jika terdapat kelemahan pada otot atau bagian tubuh yang berfungsi untuk menyangga posisi organ di dalam tubuh. Ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena turun berok, seperti:

Kebiasaan mengangkat beban berat.Sering mengejan, misalnya karena sembelit atau susah buang air kecil.Batuk kronis.Adanya penumpukan cairan di dalam rongga perut atau asites.Riwayat cedera atau pernah menjalani pembedahan di daerah yang muncul hernia.Kenaikan berat badan secara tiba-tiba.Riwayat penyakit turun berok di keluarga.

Untuk mengevaluasi lebih lanjut, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menemukan benjolan akibat turun berok. Jika perlu, dokter akan menyarankan pemeriksaan dengan foto Rontgen atau CT sc

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger