Home » » Turunkan Berat Badan dengan Sarapan Sehat

Turunkan Berat Badan dengan Sarapan Sehat

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Rabu, 07 Februari 2018 | 07.31

Turunkan Berat Badan dengan Sarapan Sehat

Oleh Denny Santoso
Sarapan ternyata bukan hanya baik untuk tubuh. Bagi yang ingin diet untuk menguruskan badan pun, sarapan menjadi “kewajiban” yang tak boleh ditinggalkan.

Masih banyak orang yang berpikir bahwa untuk menurunkan berat badan artinya kita harus mengurangi makan. Parahnya, salah satu yang “diyakini” kebenarannya adalah dengan melewatkan sarapan. Padahal, banyak penelitian yang sudah dilakukan. Dan, semua mengarah pada membuktikan bahwa kebiasaan tidak sarapan justru meningkatkan risiko terjadinya kegemukan. Berapa kali? Risikonya tak main-main, hingga sebesar empat kali lipat! Jadi, masih ingin melewatkan sarapan?

Mari, kita coba tinjau lebih jauh soal sarapan sehat agar tubuh pun makin sehat dan berat badan yang ideal bisa kita dapatkan.

Tahukah Anda bahwa memulai hari dengan mengisi “bahan bakar” yang tepat bagi tubuh Anda akan membuat tubuh Anda membakar lemak selama seharian penuh, sehingga diet Anda pun akan jadi lebih optimal? Sarapan mengurangi rasa lapar Anda pada siang dan malam hari. Hal inilah yang akan membuat Anda lebih mudah untuk menghindari makan berlebih.

Sebaliknya, ketika Anda melewatkan sarapan, Anda mungkin akan kelaparan. Ujungnya,  disadari atau tidak, Anda akan makan lebih banyak makanan manis pada siang atau malam hari. Risiko yang terjadi akan mengakibatkan kondisi yang pada akhirnya akan menaikkan kadar insulin. Hal inilah yang akan meningkatkan kemungkinan obesitas.

Sarapan sehat adalah kunci awal dari pembentukan tubuh ideal dan pola hidup sehat. Untuk itu, jangan juga sekadar sarapan. Jangan pula asal makanan kita jadikan sumber asupan di pagi hari sebelum memulai berkegiatan. Agar benar-benar sesuai dengan tujuan kita berdiet, pastikan menu sarapan pagi Anda memenuhi asupan vitamin, mineral, protein, dan asam amino sesuai kebutuhan, serta karbohidrat ber-indeks glikemik rendah untuk membantu menurunkan berat badan. 

Berikut ini beberapa cara membuat menu sarapan menjadi lebih sehat untuk program diet Anda.

1. Pilih Menu Lengkap 
Sarapan ideal itu berupa kombinasi dari protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Protein dan lemak akan membuat Anda kenyang lebih lama, sementara karbohidrat memberikan energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas.

2. Kurangi Makanan Bergaram 
Jika tidak ingin bangun tidur dengan perut terasa kembung, pastikan Anda memperhatikan asupan makanan yang mengandung garam. Dan pastikan juga tidak lebih dari 500 mg garam per makanan. Itu artinya, Anda harus mengurangi makanan kemasan.

3. Kombinasi Serat dan Protein 
Sarapan yang sehat sebaiknya mengandung kombinasi karbohidrat kompleks dan protein. Para pakar diet dan nutrisi menganjurkan konsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum utuh, atau beras merah. Makanan ini mengenyangkan Anda lebih lama dan tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara drastis karena dicerna dan diserap oleh tubuh secara perlahan.

Kemudian, tambahkan protein dalam menu sarapan Anda. Protein merupakan nutrisi esensial untuk memulai hari. Protein yang lambat diserap akan membuat Anda merasa kenyang hingga sebelum waktu makan berikutnya, serta memasok nutrisi yang akan membantu meningkatkan produktivitas Anda. Telur adalah salah satu pilihan menu sarapan yang baik.

4. Tambahkan Buah dan Sayuran 
Menambahkan buah dan sayuran segar saat sarapan juga merupakan salah satu langkah yang baik untuk memasok serat, vitamin, serta mineral bagi tubuh Anda.

Sudah tahu pentingnya sarapan 'kan? Jadi, ingin memaksimalkan sarapan agar tubuh benar-benar bisa mencapai berat ideal seperti yang diharapkan? Mari, biasakan sarapan dari sekarang. Dijamin—dengan disiplin, apalagi plus olahraga teratur—hasil diet akan jauh lebih optimal dan tubuh lebih sehat dan bugar sepanjang hari!

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger