Home » » TIPS SARAPAN SEHAT DAN PRAKTIS

TIPS SARAPAN SEHAT DAN PRAKTIS

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Rabu, 07 Februari 2018 | 07.26

TIPS SARAPAN SEHAT DAN PRAKTIS

Sarapan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan di pagi hari. Karena untuk beraktivitas dengan baik sepanjang hari, tubuh kita membutuhkan asupan energi yang cukup dan baik. Akan tetapi karena singkatnya waktu persiapan, seringkali membuat kita melewatkan sarapan. Tidak sedikit juga yang memilih menu sarapan yang sekedar mengenyangkan perut, tanpa memperhatikan kandungan gizinya.

Berikut adalah beberapa pilihan menu untuk sarapan praktis dan sehat:

1. Sereal
Sereal dan susu merupakan menu sarapan yang cukup banyak dipilih karena praktis dan cukup mengenyangkan, akan tetapi kebanyakan sereal sarapan pagi yang instan mengandung kadar gula yang tinggi. Dokter dan pakar kesehatan dr. Shikha Sharma memberi petunjuk jenis-jenis sereal yang sehat untuk dikonsumsi dan tidak membuat gemuk, seperti yang dikutip dari Times of India.

a. Cornflake
Keripik jagung ini mengandung karbohidrat, zat besi dan vitamin B kompleks. Cocok dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Pilih cornflake yang tidak diberi pemanis. Bila ingin rasa yang lebih enak, Anda bisa menambahkan potongan pisang, stroberi atau taburan kismis. Selalu perhatikan jumlah kalori dan angka kecukupan gizi pada label kemasan untuk mencegah Anda makan berlebihan.

b. Wheat Flake
Wheat flake merupakan beragam jenis serealia yang dipadatkan sehingga membentuk kepingan-kepingan. Bentuknya mirip cornflake namun dengan tekstur yang lebih padat dan renyah. Biasa disajikan dengan susu rendah lemak dan buah kering.

c. Oatmeal
Semangkuk bubur oat di pagi hari baik untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi dan diabetes. Asalkan Anda tidak menambahkan gula pasir saat membuatnya. Kandungan serat yang tinggi pada oat mampu menyeimbangkan gula darah dan membantu meningkatkan mood bagi orang yang rentan mengalami stres. Sebaiknya konsumsi oat yang harus dimasak terlebih dahulu ketimbang instan. Karena serat dan manfaat serealianya masih lebih tinggi. Bila ingin rasa yang lebih nikmat, Anda bisa menambah satu sendok makan madu atau sirup maple.

2. Susu dan telur
Minuman kaya nutrisi ini akan membuat perut terasa kenyang lebih lama dan sebutir telur akan melengkapi kebutuhan protein dan lemak untuk menunjang aktivitas di pagi hari.

3. Buah segar
Selain bernutrisi, buah juga praktis untuk dijadikan menu sarapan yang segar dan sehat. Beberapa buah yang dinilai baik untuk dikonsumsi saat sarapan seperti yang telah dirangkum dari situs kesehatan Boldsky.comadalah:

a. Pisang. Buah ini dapat membantu menekan sisa pencernaan di dalam perut. Pisang juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh, dan salah satu buah terbaik saat sarapan.

b. Semangka. Buah yang tinggi kandungan air ini akan menggantikan ion tubuh yang terbuang saat kita tidur. Selain itu, nutrisi di dalam semangka dapat  membantu kita segar selama beraktivitas.

c. Jeruk lemon, jeruk nipis, dan jenis jeruk lainnya. Walaupun asam, asam sitrat dalam jeruk justru membantu memaksimalkan fungsi tubuh dan metabolisme.

d. Buah kering. Kismis, almond, dan buah-buahan yang dikeringkan bisa menjadi menu sarapan yang sehat, selain mengandung gula yang cukup untuk beraktivitas, buah-buahan ini juga memberikan nutrisi yang baik.

e. Pepaya. Mungkin jarang sekali orang yang mengonsumsi buah ini di dalam sarapannya, tapi siapa sangka, pepaya merupakan buah yang baik untuk “detoksifikasi” alias membersihkan sistem pencernaan.

Selamat mencoba!

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger