Home » » TIPS PANJANG UMUR DAN HIDUP SEHAT MENURUT RISET

TIPS PANJANG UMUR DAN HIDUP SEHAT MENURUT RISET

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.13

RAHASIA HIDUP SEHAT DAN PANJANG UMUR

9 MAKANAN RAHASIA HIDUP SEHAT DAN PANJANG UMUR

Semua orang tentunya ingin hidup sehat dan panjang umur. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap orang-orang yang berusia 90 tahun ke atas memberikan data bahwa apa, kapan, dan bagaimana cara pola makan yang dipilih telah berpengaruh pada jangka waktu kehidupan.

Berikut adalah beberapa tips makanan yang menyimpan rahasia hidup sehat dan panjang umur:

1. Brokoli, anggur, salad, buah dan sayur dengan warna cerah: Hasil penelitian membuktikan bahwa diet yang kaya akan buah dan sayur akan membarikan nutrisi yang tinggi dengan kalori rendah. Perpaduan antara brokoli, anggur dan salad terbukti memberi peluang untuk umur panjang semakin besar. Selain itu mengonsumsi buah dan sayur yang berwarna cerah juga membantu Anda awet muda. contohnya: kubis merah mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan otak, jus beet menurunkan tekanan darah dan tomat bisa menurunkan kolesterol.

2. Bawang putih: Kandungan phytochemical didalamnya bisa mencegah pembentukan karsinogen dalam tubuh dan wanita yang lebih banyak mengonsumsi bawang putih memiliki resiko terkena kanker lebih rendah.

3. Olive oil: Lemak baik ini bagus untuk kesehatan jantung dan umur panjang, selain itu konsumsi 2 sendok makan sehari terbukti baik untuk otak dan mencegah kanker.

4. Bok choy: Sayuran silang ini mengandung nutrisi seperti serat, vitamin C dan folat. Hasil studi dari Vanderbilt University menemukan bahwa para survivor kanker payudara yang mengonsumsi sayuran silang terutama bok choy, lobak, dan kubis memiliki resiko kematian dan pertuumbuhan kembali kanker yang lebih rendah.

5. Alpukat: Hasil laporan dari The National Center of Health Statistics di Amerika Serikat menyatakan alpukat bisa meningkatkan peluang untuk umur panjang karena dapat menurunkan kolesterol  LDL, meningkatkan HDL, dan membantu tubuh menyerah vitamin yang sehat untuk jantung seperti betakarotin dan lycopene.

6. Less red meat, more white meat: Kurangi konsumsi daging merah dan perbanyak daging putih seperti ayam dan ikan. Hasil studi menunjukkan mereka yang mengonsumsi lebih banyak daging putih memiliki resiko kematian jauh lebih rendah daripada yang mengonsumsi daging merah.

7. Jangan makan hingga kenyang: Budaya bangsa Jepang mengajarkan untuk berhenti makan setelah merasa 80% kenyang. Sebuah kebiasaan yang membantu negara tersebut masuk dalam daftar teratas sebagai negara yang memiliki orang-orang berusia panjang terbanyak di dunia.

8. Makan 2 kali sehari: Walter Breuning asal Montana tercatat sebagai manusia tertua ketika wafat di usianya yang 144 tahun pada tahun 2011. Pada sebuah wawancara tahun 209 dengan USA Today, ia mengatakan rahasianya adalah dengan sarapan besar dan makan siang setiap hari, melewatkan makan malam, minum banyak air putih, dan banyak mengonsumsi buah.

9. Masakan rumah: Studi dari Cambridge University tahun 2012 menemukan bahwa orang yang memasak hingga 5 kali dalam seminggu memiliki 47% peluang lebih tinggi untuk hidup lebih lama 10 tahun dari umur rata-rata.

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger