Home » » TIPS BEROLAHRAGA SAAT BERKENDARA

TIPS BEROLAHRAGA SAAT BERKENDARA

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Rabu, 07 Februari 2018 | 07.41

BEROLAHRAGA SAAT BERKENDARA

Merasa tak punya waktu untuk berolahraga karena kesibukan kantor atau kesibukan lainnya? Kenapa tidak dicoba untuk menggerakkan tubuh di kala sedang dalam perjalanan.
Jangan salah, kondisi jalanan saat ini terutama di kota-kota besar yang tak pernah sepi dari kemacetan, sebenarnya bisa memberikan kesempatan bagi kita untuk melakukan gerakan-gerakan ringan. Saat menyetir mobil pun, gerakan ini masih bisa dilakukan asalkan jangan sampai mengganggu aktivitas menyetirnya. Inilah gerakan-gerakan ringan yang bisa membuat badan kita terasa lebih relaks.

Jika tidak menyetir sendiri:

Remas dan lepaskan jari-jari tangan. Remas agak lama, lalu lepaskan. Latihan ini cukup untuk menghilangkan ketegangan di tangan.Lepaskan ketegangan di leher dan di pundak dengan menggerakkan pundak. Angkat pundak hingga ke telinga, tahan sebentar kemudian turunkan lagi. Ulangi terus dan kombinasikan antara pundak kiri dan kanan.Angkat ujung kaki (jari-jari kaki) karena bisa membantu mengencangkan otot. Tahan sekitar 10-15 detik, lepaskan dan ulangi kembali sampai badan terasa lebih ringan.Anda juga bisa melatih otot perut saat berada di dalam mobil dengan mendorong punggung ke depan, kemudian tahan beberapa detik dan ulangi kembali.Letakkan tas atau tumpuk majalah sebagai pemberat di pangkuan. Kemudian angkat tumit tahan selama 10-15 detik, lepaskan dan ulangi kembali.

Jika menyetir sendiri:

Pastikan Anda bisa melakukan gerakan berolahraga saat benar-benar sudah melepaskan kemudi. Atau lakukan saat jalanan macet parah. Jangan lupa kenakan sabuk pengaman sambil Anda menggerakkan anggota badan.Remas-remas jemari tangan agar bisa melepaskan ketegangan otot tangan karena digunakan untuk menyetir.Gerakkan kepala dengan gerakan memutar untuk mengurangi ketegangan di leher, terutama ketegangan saat menyetir.Segera berhenti melakukan gerakan olah tubuh ini saat jalanan sudah normal kembali. Ingat, jangan lakukan gerakan olah tubuh saat Anda sedang menyetir karena bisa berbahaya.Sebenarnya dengan menyetir saja, kita sudah sedikit berolahraga. Yaitu, memainkan bola mata untuk mengawasi jalan, menoleh ke kiri dan ke kanan. Semua ini juga menjadi bagian dari olah tubuh.

Selamat mencoba!

 RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger