Home » » Tempat bersarangnya penyakit yang jarang diketahui

Tempat bersarangnya penyakit yang jarang diketahui

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.18

SARANG PENYAKIT YANG WAJIB DIWASPADAI

Ini Dia, Sarang Penyakit yang Wajib Diwaspadai

Pasti sangat menyebalkan, jika suatu saat kita kena flu berat. Kita bersin-bersin, batuk, hingga demam tinggi. Tapi, yang lebih tidak mengenakkan, orang di rumah atau rekan di kantor pun akhirnya ikut tertular. Bahkan, tak jarang, satu orang sembuh, segera berpindah ke orang lain. Pernah mengalami hal serupa?

Jika ya, mungkin salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengevaluasi tingkat kebersihan di kantor atau di rumah. Sebab, menurut survei berbagai lembaga kesehatan dunia, rumah dan kantor menjadi “sarang pertukaran” penyakit.

Nah, agar kita tak mudah tertular penyakit, berikut beberapa tempat yang wajib diwaspadai, baik di rumah atau di kantor, yang dirangkum dari berbagai hasil penelitian bidang kesehatan dunia.

• Komputer dan tetikus (mouse)

Sepertinya sepele. Tapi, menurut berbagai penelitian, bahkan jumlah kuman dan virus yang bisa tersebar di perangkat yang paling sering kita gunakan belakangan ini jauh lebih banyak daripada kuman yang ada di toilet. Menurut Donna Duberg, assistant professor of clinical laboratory science di Saint Louis University St. Louis, Missouri, alasan mengapa komputer dan tetikus menjadi tempat paling mudah bagi berkembangnya sumber penyakit karena orang jarang membersihkannya. Sebab, selain harus detail, kadang karena kesibukan, orang cenderung membiarkan komputer dalam kondisi apa adanya, tanpa peduli kebersihannya.

• Meja kerja

Duberg lebih jauh menyebut, tempat yang tak jauh-jauh dari komputer yang sangat perlu dibersihkan adalah meja kerja. Apalagi, bagi kaum perempuan. Sebab, menurut hasil penelitian, meja kerja perempuan biasanya menyimpan lebih banyak barang dibanding kaum lelaki. Makanan kecil, buku-buku, majalah, bingkai foto, dan berbagai aksesoris lainnya bisa menjadi “tempat bermain” kuman-kuman.

• Pintu dan pegangannya

Jangan anggap sepele pintu dan pegangannya. Sebab, dengan banyaknya orang yang keluar masuk dan menyentuh gagang pintu atau sekadar mendorong pintu, telah meninggalkan banyak kuman. Apalagi, jika yang bersangkutan habis bersin.

• Telepon

Bisa dikatakan kita tak pernah lepas dari alat yang satu ini. Karena itu, penggunaan telepon secara bersama bisa menjadi sumber datangnya berbagai macam kuman penyakit. Sebuah penelitian di Universitas Arizona Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa telepon yang digunakan bersama—terutama di kantor—menyimpan 25 ribu lebih kuman setiap incinya.

• Buku-buku

Jangan salah sangka. Selain sumber ilmu, buku—apalagi yang disimpan dalam rak tak berkaca—yang sering ditukarpinjamkan bisa menjadi sarang penyakit. Termasuk juga, buku yang lama tak dibaca, debu-debu yang menempel bisa menjadi “magnet” bagi berkumpulnya ribuan kuman.

• Toples kue atau keranjang permen dan makanan

Inilah salah satu tempat yang paling sering diserbu saat kebosanan melanda. Aneka makanan ringan dan permen menjadi sarana paling dituju hingga tanpa disadari tempat tersebut bisa menjadi “ajang” pertukaran kuman yang paling mudah. Karena itu, jangan sepelekan tempat permen atau makanan yang ada di sekitar.

• Mesin fotokopi, faksimili, atau printer
Saat mengoperasikan mesin tersebut, kita sebenarnya sedang bertukar kuman. Bisa jadi, tombol-tombol yang ada telah terkontaminasi dengan ribuan kuman atau bakteri yang setiap saat bisa menularkan penyakit kepada pengguna alat tersebut.

• Kulkas

Menurut penelitian, banyak makanan yang acap kali terlupakan dalam kulkas. Akibatnya, makanan yang kedaluwarsa—yang kemudian terkontaminasi dengan kuman—menjadi penyebab datangnya penyakit. Lebih parah lagi, makanan yang harusnya aman-aman saja, ikut terkontaminasi karena adanya makanan kedaluwarsa tadi. Dan, jangan lupakan pula pegangan kulkas yang sudah tentu menjadi tempat pertukaran penyakit.

• Meja ruang rapat

Saat rapat di kantor, biasanya kita memakai meja yang sudah dipakai oleh banyak orang. Di sanalah tanpa disadari, kita sering kali saling meninggalkan kuman, baik dari tangan, makanan yang berserakan, hingga bekas dokumen yang sudah kerap berpindah tangan.

Sebenarnya, masih banyak tempat lain yang acap jadi ajang pertukaran dan menumpuknya kuman. Karena itu, tindakan preventif agar tak mudah terserang penyakit harus kita lakukan. Beberapa hal yang dianjurkan di antaranya adalah:

• Mencuci tangan sebelum makan atau minum. Ini adalah anjuran standar yang memang bisa meminimalisasi tersebarnya kuman.
• Jaga kesehatan dengan rajin berolahraga. Penyakit mudah menular pada mereka yang sedang tidak dalam kondisi fit. Karena itu, sangat dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit sehari
• Lakukan pembersihan berkala. Agar tak jadi sarang penyakit, hal paling mudah untuk dilakukan sebenarnya dengan menjaga kebersihan berbagai tempat yang harus diwaspadai tadi. Jika karena alasan kesibukan merasa tak punya waktu, Anda bisa memanfaatkan perusahaan jasa cleaning service. Keuntungan memakai jasa semacam itu, selain dapat menghemat waktu dan tenaga, tenaga yang dipekerjakan sudah terlatih dan mendetail. Sehingga, berbagai tempat yang patut diwaspadai tadi bisa terbersihkan dengan maksimal.

Mari, jaga kebersihan demi kesehatan bersama!

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger