Home » » SEHAT MURAH MERIAH DENGAN JALAN KAKI

SEHAT MURAH MERIAH DENGAN JALAN KAKI

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.43

SEHAT MURAH MERIAH DENGAN JALAN KAKI

Bagi Anda yang jarang berolah raga, berbagai penyakit mungkin sangat gampang mengintai. Lengah sedikit, atau kelelahan sedikit saja, penyakit bisa datang dengan tiba-tiba. Karena itu, sangat dianjurkan agar setiap hari kita harus tetap mengolah tubuh.

Namun, kadang kala muncul perasaan malas untuk berolah raga. Dengan alasan sibuk atau kurang waktu, olahraga menjadi sesuatu yang langka. Nah, kali ini, ternyata ada cara paling gampang dan aman serta murah meriah untuk tetap menjaga kebugaran. Cukup berjalan kaki saja. Dengan melakukan jalan kaki secara rutin selama 20 menit sebanyak dua kali dalam sepekan, secara signifikan dapat meningkatkan stamina, vitalitas, dan kesehatan mental. Apalagi jika ditambah selalu menambah porsi jumlah langkah yang dilakukan, maka dalam 32 minggu kita bisa merasakan efek positif secara nyata.

Nozomi Okamoto dari Nara Medical University School of Medicine, Kashihara, Jepang, dalam penelitiannya yang dimuat di International Journal of Sports Medicine mengatakan bahwa berjalan kaki selama 20 menit, sebanyak dua kali dalam sepekan di rumah, sudah efektif membuat tubuh sehat. Untuk mendapatkan hasil tersebut, sebelumnya ia telah menguji 200 relawan berusia antara 42-75 tahun dan membagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama melakukan olahraga berjalan kaki dan kelompok kedua melakukan olahraga ringan, seperti melakukan gerakan duduk dan berdiri dari kursi selama 30 menit. Hasilnya, kelompok yang menjalankan program jalan kaki di rumah secara rutin kondisi tubuhnya jauh lebih sehat dibandingkan relawan yang melakukan gerakan duduk dan berdiri di kursi.

Bahkan, bagi relawan laki-laki, kondisi kesehatan fisik dan mental secara umum jauh lebih baik. Sementara relawan perempuan mengaku fungsi fisiknya bekerja lebih baik, lebih sehat, dan vitalitasnya meningkat. Atas dasar hasil penelitian ini, maka Nozomi sangat merekomendasikan berjalan kaki di rumah secara rutin. "Sebab, berjalan kaki bisa dilakukan kapan pun secara fleksibel di rumah setiap hari," jelas Nozomi.

Lebih jauh ia juga menyebut bahwa penelitian ini juga ditujukan untuk mengantisipasi bagaimana memperoleh tubuh sehat dengan cara yang mudah dan murah. Jadi, sudah berjalan kaki berapa lamakah Anda, hari ini?

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger