Home » » MITOS SEPUTAR KESEHATAN DAN FAKTANYA

MITOS SEPUTAR KESEHATAN DAN FAKTANYA

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.04

MITOS SEPUTAR KESEHATAN DAN FAKTANYA

4 MITOS SEPUTAR KESEHATAN, INI FAKTANYA!

Meski zaman sudah modern, namun berbagai mitos yang menyebar dari mulut ke mulut masih tetap ada di tengah-tengah masyarakat. Bahkan, mitos seputar kesehatan pun masih terus berputar.
Berbagai mitos seputar kesehatanmasih terus ada di masyarakat. Namun, belum jelas keaslian dan kebenarannya. Berikut adalah beberapa mitos seputar kesehatan serta penjelasan tentang faktanya oleh dr. Handrawan Nadesul.

Cacingan hanya diderita oleh anak-anak

Faktanya, orang dewasa juga bisa mengalami cacingan. Biasanya hal ini terjadi karena tertelannya telur cacing dari sayur dan buah-buahan yang tidak bersih. Telur cacing itu kemudian berkembang di dalam usus sehingga membuat kita cacingan. Gejala yang biasanya terlihat adalah tubuh lemas dan sulit berkonsentrasi. Dalam tahap lanjutannya, bisa muncul gejala nyeri di perut, diare, serta mual.

Mengonsumsi Vit. C setelah makan udang menyebabkan keracunan

Faktanya, udang memang mengandung senyawa arsen organik. Namun, tidak berbahaya karena tidak akan tercerna oleh tubuh dan akan dikeluarkan dalam bentuk senyawa utuh. Namun, jika habitat udang yang dikonsumsi telah tercemar arsen anorganik baru bisa menyebabkan derajat keasaman lambung meningkat.

Cacar air hanya bisa diderita sekali seumur hidup

Faktanya, cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Umumnya, seseorang memang hanya akan menderita cacar air sekali karena tubuh sudha membentuk sistem imun ketika virus tersebut menyerang kembali. Namun, ini tidak menutup kemungkinan seseorang bisa menderita cacar air lebih dari sekali.

Kaget menghentikan cegukan

Faktanya, cegukan terjadi karena otot diafragma dan saraf yang mengontrolnya tersangkut di sistem reflek, sehingga saraf mengirim sinyal untuk kontraksi tiba-tiba. Hal inilah yang disebut cegukan. Rachel Vreeman, M.D., M.S., juga pernah mengatakan bahwa kaget bisa memicu berhentinya cegukan karena saraf diafragma mengubah sinyal untuk cegukan menjadi kaget.
Jadi, itulah beberapa contoh mitos seputar kesehatan yang masih ada di masyarakat. Semoga penjelasan mengenai faktanya dapat berguna bagi kesehatan Anda.
Salam Sukses Luar Biasa!

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger