Home » » Makan Sepuasnya Tanpa Takut Gemuk bukanlah sekadar mitos belaka

Makan Sepuasnya Tanpa Takut Gemuk bukanlah sekadar mitos belaka

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Rabu, 07 Februari 2018 | 07.25

TIPS MAKAN SEPUASNYA TANPA TAKUT GEMUK

Makan sepuasnya tanpa takut gemuk tampaknya seperti sebuah janji yang tidak mungkin terjadi. Namun, justru inilah yang menjadi kunci agar kita bisa berdiet tanpa lemas dan tanpa lapar. 

Kita sering dihadapkan pada 2 pilihan makanan, makanan diet tapi enggak enak atau enak tapi bukan kategori makanan diet. Sayangnya kita lupa pada pilihan ke-3, yaitu: makanan diet tetapi enak! Pilihan ini sebenarnya ada dan sangat melimpah, namun berhubung selama ini fokus perhatian kita ada pada 2 pilihan pertama, maka makanan diet yang enak luput dari fokus kita... Konsekuensinya, energi kita tidak mengalir ke arah menciptakan kuliner makanan diet yang selain menyehatkan juga memiliki cita rasa yang tinggi.

Triknya ada pada:

1. Pemilihan karbohidrat yang tepat
Nasi, gula pasir, tepung terigu, kentang, mie, kwetiauw, kue, roti, kerupuk merupakan karbohidrat yang memiliki kalori tinggi meskipun berukuran kecil. Oleh karena itu, sebaiknya mengurangi porsi dan frekuensi mengkonsumsi maupun menambahkan bahan kelompok makanan ini saat mengolah. Memilih kelompok makanan ini akan membuat kita makan sedikit tetapi mudah gemuk dan sulit membakar lemak yang sudah mengendap lama di dalam tubuh.

Sementara sayur-sayuran adalah kelompok karbohidrat yang memiliki kalori yang rendah meskipun berukuran banyak. Oleh karena itu, konsumsi karbohidrat dalam kelompok ini sangat dianjurkan. Sayuran kaya akan serat yang meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga perkembangbiakan bakteri usus yang baik, meningkatkan immunitas tubuh, dan memperlancar proses pembuangan kotoran sisa metabolisme. Selain itu, sayuran juga adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan alamiah.

2. Mengurangi menu gorengan
Menggoreng mengubah kandungan kalori sebuah makanan menjadi 2 sampai 3 kali lipat lebih tinggi, tanpa terjadinya perubahan ukuran. Dalam arti kata lain, makanan gorengan memberikan sensasi kenyang yang sama dengan makanan yang tidak digoreng (misalnya dikukus, direbus, dipepes, dipanggang), dengan konsekuensi kegemukan yang 200-300% lebih tinggi.

Ruginya menggoreng yang lain tetapi jarang disadari oleh kebanyakan dari kita adalah terbentuknya racun karsinogen yang banyak. Miliaran molekul karsinogen (racun penyebab kanker) terbentuk saat makanan digoreng, dampaknya apabila dikonsumsi adalah serangan bertubi-tubi pada sel-sel tubuh kita yang masih sehat. Makanan seperti ini menguras energi kita karena memberikan stres biologis yang besar atas sel tubuh, mengasamkan darah kita, membebani organ hati, dan ironisnya tidak memiliki kandungan nutrisi vitamin mineral yang tinggi karena sudah rusak akibat panas dari minyak.

3. Penggunaan bumbu alami & bahan substitusi
Gunakan bumbu alamiah seperti rempah-rempah untuk membuat makanan kita lebih enak. Indonesia adalah negara yang kaya rempah, dan sudah disadari oleh negeri lain sejak lebih dari 4 abad yang lalu. Tentunya adalah suatu hal yang sangat disayangkan apabila para pelaku diet di hari ini belum menyadari bahwa rempah-rempah ini juga bisa dipakai untuk menambah cita rasa tanpa menyebabkan kegemukan.

Kunyit, jahe, kencur, daun jeruk, lada, pala, cengkeh, adas, kapulaga, jinten, lengkuas, sereh, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, seledri, biji ketumbar, daun ketumbar, cabai, jeruk nipis, jeruk limau, jeruk lemon, daun salam, kayu manis, kemiri, dan masih banyak lagi adalah rempah-rempah yang memiliki aroma khas yang memberikan rasa nikmat pada makanan tanpa menambah kalori sedikit pun. Di samping itu, manfaat kesehatan dari rempah-rempah ini juga sangat berlimpah: bawang putih terkenal sebagai anti infeksi dan anti kuman, kunyit untuk menguatkan organ hati, kayu manis baik untuk penderita diabetes, dan cabai kaya akan vitamin C.

Semoga membuka wawasan kita semua, bahwa Makan Sepuasnya Tanpa Takut Gemuk bukanlah sekadar mitos belakaYes, they exist! And yes, we can all use this knowledge to raise the standards of our diet, make it healthier & tastier.

Stay strong & healthy!

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger