Home » » Laki-laki dan perempuan memiliki struktur biologis yang berbeda. Ini pula yang menyebabkan jenis makanan terbaik bagi perempuan, belum tentu terbaik pula bagi laki-laki

Laki-laki dan perempuan memiliki struktur biologis yang berbeda. Ini pula yang menyebabkan jenis makanan terbaik bagi perempuan, belum tentu terbaik pula bagi laki-laki

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Selasa, 06 Februari 2018 | 15.46

MAKANAN TERBAIK UNTUK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN

Laki-laki dan perempuan memiliki struktur biologis yang berbeda. Ini pula yang menyebabkan jenis makanan terbaik bagi perempuan, belum tentu terbaik pula bagi laki-laki. Nah, makanan apa saja yang terbaik berdasarkan gender-nya?

Sudah sering kita mendengar berbagai makanan yang dianggap tabu untuk laki-laki, perempuan, atau orang dalam kondisi tertentu di dalam tradisi kita. Banyak juga yang menganggapnya itu sebagai mitos yang belum tentu benar. Tetapi meskipun kebenarannya diragukan, banyak kalangan yang berpegang teguh pada larangan itu.  Mereka pantang memakan makanan-makanan itu. Alasannya, berjaga-jaga jika itu memang benar.

Maka, sejumlah penelitian dilakukan. Sebagian membuktikan bahwa mitos hanya sekadar mitos. Tetapi, ada juga mitos yang setelah ditelusuri secara ilmiah, memang menunjukkan kebenarannya.

Nah, dalam hubungannya dengan gender, di bawah ini ada sejumlah makanan (buah-buahan dan sayuran) yang dianjurkan karena berkhasiat tertentu dalam kaitannya dengan kemampuan terbaik bagi laki-laki atau perempuan.

Terbaik untuk Laki-Laki

1. Saos Tomat. Lelaki yang banyak memakan tomat, saos tomat, atau piza yang banyak tomatnya, akan terbendung dari penyakit kanker prostat. Peneliti di Harvard University menemukan bahwa laki-laki yang mengonsumsi saos tomat dua hingga empat kali dalam seminggu 35% lebih rendah memiliki risiko kena kanker prostat dibanding yang tak mengonsumsi saos tomat. Ternyata di dalam tomat ada pigmen bernama lyopense yang berfungsi menyerap penyebab kanker prostat. Pigmen ini akan berfungsi lebih baik jika dimasak dengan lemak.

2. Tiram. Mitos menyebutkan tiram adalah “makanan cinta”. Ilmu pengetahuan ternyata sependapat dengan itu. Satu hingga tiga tiram yang disuguhkan dalam sehari bisa menyuplai cukup zinc (seng), mineral yang berfungsi menormalkan fungsi reproduksi pria. Para ilmuwan menemukan bahwa dari penelitian terhadap 22 orang yang diberi zinc dalam waktu 45 hingga 50 hari  ternyata jumlah spermanya meningkat. Rekomendasinya, konsumsi zinc 11 mg per hari baik untuk pria. Namun, harap pula diingat, jika lebih dari 40 mg, unsur ini justru bisa mengundang risiko kesehatan.

3. Brokoli. Hasil penelitian baru-baru ini menemukan bahwa sayuran seperti brokoli bisa mencegah kanker kantung kemih. Para ilmuwan meneliti pola makan dari 50.000 laki-laki dan menemukan bahwa mereka yang memakan lima kali sajian menu vegetarian tiap minggunya, hanya memiliki risiko separuhnya untuk terkena kanker kantung kemih dibanding yang tidak memakan sajian penuh menu vegetarian sama sekali untuk 10 tahun ke depan. Dalam hal ini, brokoli dan kol mencegah terjadinya kanker kantung kemih.

4. Selai Kacang Tanah. Jika ingin jantung sehat, pertimbangkan untuk memanggang roti dengan selai kacang tanah tiap pagi. Hasil penelitian dari Pennsylvania State University menunjukkan  bahwa selai kacang tanah meskipun kadar lemaknya tinggi namun kebanyakan lemaknya merupakan lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan. Akan tetapi jangan terlalu banyak, karena kacang mengandung kalori yang tinggi.

5. Semangka. Lelaki yang menjelang usia 55 tahun cenderung memiliki tekanan darah lebih tinggi dibanding kaum perempuan.  Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung potasium dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.  Konsumsi potasium yang dianjurkan adalah sekitar 2000 mg per hari. Salah satu buah-buahan yang kaya akan potasium adalah semangka—yang mengandung 664 mg dalam satu potongan besar dibanding pisang dan jus jeruk.

Terbaik untuk Perempuan

1. Pepaya. Pepaya mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dibanding jeruk. Karena itu pepaya baik untuk mencegah sakit empedu, di mana kaum perempuan memiliki risiko dua kali lipat lebih banyak terserang dibanding laki-laki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kaum perempuan yang konsumsi vitamin C-nya rendah sering mengalami sakit empedu. Namun hal ini bisa diatasi dengan sepotong pepaya (10 ons) dengan kandungan 188 mg vitamin C dan 119 kalori setiap harinya.

2. Flaxseed. Flaxseed adalah sejenis sereal yang diperoleh dari biji bunga flax (Linum Usitatissinum) yang terdapat di Amerika dan Kanada. Para pembuat roti umumnya menambahkan biji-bijian flax untuk menambah rasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan flaxseed pada makanan bisa memperlambat pertumbuhan kanker payudara. Gampangnya, ambil sesendok flaxseed dan masukkan ke dalam makanan setiap pagi.

3. Tahu. Makanan yang terbuat dari sari kacang kedelai ini memiliki protein yang bisa menurunkan kolesterol dan menguatkan tulang belakang. Penyebabnya adalah isoflavon yang terdapat di dalam kedelai yang memiliki struktur sama dengan estrogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90 mg isoflavon bagus untuk tulang. Penelitian lain menunjukkan setengah cangkir tahu mengandung 25-35 mg isoflavon.

4. Daging kerbau. Perempuan karena memiliki masa menstruasi, cenderung akan mengalami gejala anemia (kurang darah) lebih banyak dibanding kaum laki-laki.  Dan karena kadar zat besi yang rendah dalam darah hal ini akan menyebabkan para perempuan mudah kelelahan. Untuk mendapatkan jumlah zat besi dalam darah yang cukup, coba konsumsi daging kerbau—bisa disajikan sebagai masakan rendang, gepuk, semur, dll. Daging kerbau memiliki kandungan zat besi lebih banyak dan kandungan lemak lebih sedikit dibanding daging sapi. Kandungannya sekitar 3 mg zat besi dalam sekitar 3,5 ons daging kerbau mentah.  Daging kerbau bisa meningkatkan tenaga dan menurunkan berat badan.

5. Sayuran hijau. Manfaat sayuran hijau sudah sering didengar sebagai sumber zat besi, kalsium, dan sebagainya, yang diperlukan tubuh. Tetapi sayuran seperti bayam bisa bermanfaat untuk memerangi osteoporosis (penyakit tulang) bagi kaum perempuan yang beranjak tua. Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa jumlah kalsium dan vitamin D yang memadai ditambah dengan vitamin K akan bisa melindungi tulang dengan baik. Disebutkan pula bahwa perempuan yang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K setidaknya 109 mg setiap harinya, setidaknya bisa terlindungi dari retaknya tulang belakang dalam kurun waktu 10 tahun ke depan dibanding mereka yang kurang mengonsumsi makan tersebut.  Menurut hasil penelitian itu, vitamin K banyak terdapat pada sayuran-sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli, dan sejenisnya.

Nah, ternyata jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi juga bergantung pada jenis kelamin kita. Silakan dicoba, terutama jika gejala kurang baik dari kesehatan kita sudah mulai terasa.

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger