Home » » BERTEMPUR MELAWAN KANTUK DAN LELAH

BERTEMPUR MELAWAN KANTUK DAN LELAH

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Rabu, 07 Februari 2018 | 07.42

BERTEMPUR MELAWAN KANTUK DAN LELAH

Lelah itu manusiawi. Penyebabnya bisa karena  pola hidup yang tidak baik dan melelahkan, namun bisa juga karena badan yang tidak fit. Langkah apa yang bisa memulihkan energi tubuh serta terhindar dari sergapan kelelahan?

Berikut ini ada sejumlah tips untuk mengatasi masalah kelelahan yang disebabkan oleh berbagai hal.

1. Kekurangan Energi

Faktor ini karena kurangnya asupan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Makan yang kurang porsinya, bisa menyebabkan badan lelah. Tak sarapan pagi, juga membuat tubuh lelah saat bekerja. Namun ada kalanya, kendati makan dan minum sudah cukup, kelelahan bisa menyergap. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi kurang tepat. Ada sejumlah saran untuk mengatasi penyebab kekurangan energi ini. Salah satunya, yaitu dengan minum secukupnya. Anjuran banyak ahli paling baik adalah minum 8 gelas air putih dalam sehari. 

Dari sisi makan, jangan lupakan sarapan. Makanan akan mendorong metabolisme tubuh. Selain itu otak bekerja dengan bantuan glukosa. Oleh karena itu saat sarapan, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, misalnya roti atau nasi. Jika pekerjaan menuntut kerja maraton seharian, jangan lupakan makan siang. Kalau memungkinkan, siapkan makanan kecil untuk sepanjang hari karena makan yang sering dalam jumlah secukupnya akan menjaga ketersediaan energi tubuh secara terus-menerus. Sebaliknya makan dengan jumlah besar dalam satu kali makan kurang baik bagi tubuh karena itu akan mendatangkan kelelahan.

2. Kurang Tidur,

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan kelelahan. Seorang dewasa memerlukan tidur enam hingga delapan jam setiap malam. Namun mendapatkan waktu cukup untuk tidur ini pun sering kali tak gampang. Karena itu, untuk bisa tidur dengan baik batasi asupan kafein menjelang waktu tidur. Jangan minum kopi atau minuman berkafein lain selepas makan malam karena akan menyebabkan sulit tidur.

Sulit tidur juga bisa disebabkan oleh posisi tidur yang kurang rileks. Temukan posisi yang paling nyaman sebelum tidur. Hindari menggunakan obat tidur karena obat-obatan seperti ini bukan solusi untuk jangka panjang.

3. Gaya Hidup

Hindari kebiasaan merokok. Banyak faktor kenapa orang yang merokok cepat lelah. Tubuh perlu energi di mana energi ini dihasilkan dari reaksi glukosa dan oksigen. Sedangkan bagi perokok, ketersediaan oksigen dalam darah terganggu karena karbon monoksida dari asap rokok akan mengurangi jumlah oksigen dalam darah.

Usahakan banyak gerak, karena banyak gerak baik bagi tubuh dan pikiran. Banyak gerak juga membuat orang memiliki pola tidur yang lebih baik di malam hari. Karena itu gaya hidup yang menuntut orang “tak bergerak” dari tempat duduknya harus dihindari. Keranjingan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain yang membuat seseorang duduk berlama-lama di hadapan komputer perlu dihindari karena itu akan mendatangkan kelelahan fisik.

Kelelahan juga bisa ditimbulkan karena pekerjaan. Tuntutan pekerjaan yang tinggi, konflik dengan rekan atau atasan, akan menguras energi dan ujung-ujungnya kelelahan yang tak terkira. Karena itu cepat selesaikan masalahnya atau diskusikan dengan bagian HRD untuk mengatasinya.

4. Faktor Psikologis

Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa 50 hingga 80 persen kasus kelelahan umumnya disebabkan oleh faktor psikologis. Maka hindari gaya hidup yang menyebabkan kita selalu berada di bawah tekanan yang tak perlu. Ini bisa dianalisa sendiri oleh masing-masing orang apa gaya hidupnya memang seperti itu. Namun jika tak menemukan sejauh mana gaya hidup itu membuat stres, konsultasikan pada seorang ahli.

Untuk mengatasinya bisa juga mencoba latihan relaksasi seperti yoga, meditasi, atau cara lainnya yang mampu memulihkan pikiran dan kelelahan. Atau mungkin karena kita perlu istirahat setelah mengerjakan pekerjaan berat berkepanjangan.

Cara lainnya bisa dilakukan dengan banyak menghibur diri. Maksudnya, karena selama ini terlalu mengejar target sehingga tak ada waktu luang untuk bersenang-senang, maka luangkan waktu untuk menghibur diri. Dengan menghibur diri, kita bisa banyak tertawa. Jangan lupa bahwa tertawa adalah salah satu cara terbaik untuk memulihkan energi dari kelelahan.

5. Mengantuk Selepas Makan Siang

Rata-rata orang mengantuk setelah makan siang. Kejadian ini akan menurunkan energi yang memasok tenaga ke otak dan juga ke seluruh tubuh. Pencegahannya sulit dilakukan namun ada cara untuk menguranginya. Misalnya ketika makan siang kombinasikan bahan yang mengandung karbohidrat dan protein secukupnya.

6. Terus Bergerak

Ketika kantuk memerangkap dan kelelahan menjalar, lakukan gerakan-gerakan ringan sekitar 10 menit meskipun itu harus dilakukan di meja kerja. Pergerakan ini untuk melancarkan kembali aliran darah sehingga badan akan kembali fresh.
Nah, dengan mengetahui faktor-faktor penyebab kelelahan dan tahu bagaimana solusinya, kelelahan dan mengantuk

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger