Home » » Beberapa aktifitas yang sangat buruk untuk kesehatan dan metabolisme tubuh manusia

Beberapa aktifitas yang sangat buruk untuk kesehatan dan metabolisme tubuh manusia

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.09

Untuk itu, ada beberapa hal yang pantas diperhatikan untuk membantu sistem metabolisme tubuh kita terdongkrak performanya. Apa saja?

1. Lama tidur
Penelitian American Thoracic Society terhadap 68.000 perempuan Amerika Serikat ditemukan bahwa mereka yang tidurnya tujuh jam sehari memiliki berat badan 5,5 pound (sekitar 2,5 kg)  lebih rendah dibanding perempuan yang tidur lima jam sehari atau kurang. Hal ini karena mereka yang suka tidur larut malam, sistem metebolisme tubuhnya berjalan lebih lambat. Akibatnya, tubuh yang seharusnya mengolah makanan menjadi tenaga justru menimbun saripati makanan menjadi lemak tubuh.

2. Stres
Ketika sedang stress, kita jadi kurang tidur dan sebaliknya makan jadi banyak. Kondisi itu mempengaruhi kerja kelenjar tiroid—yang memproduksi hormon pengatur metabolisme, suhu tubuh, denyut jantung, dan banyak lagi. Jika tiroid kita tidak menghasilkan cukup banyak hormon, sistem metabolisme tubuh kita lambat dan fungsi tubuh lainnya berkurang yang menyebabkan kenaikan berat badan, depresi, dan kelelahan. Luangkan waktu setiap hari untuk menjaga baik tiroid dan metabolisme tubuh bekerja pada tingkat optimalnya. Caranya, luangkan waktu untuk rileks dengan mendengar musik atau sedikit gerak badan agar tubuh tak selalu tegang.

3. Jangan lewatkan sarapan pagi
Banyak orang yang mengabaikan ini. Mungkin alasannya karena kebiasaan atau karena memang tak suka. Yang harus diperhatikan, adalah ketika kita bangun pagi tubuh seperti kendaraan yang hanya memiliki sedikit bensin, persediaan tenaganya minim. Perlu tambahan sumber tenaga agar mengawali hari dengan penuh gairah. Itulah fungsinya sarapan. Selain itu, kebiasaan tidak sarapan juga membuat sistem metabolisme tubuh jadi berfungsi tak maksimal.

Makanan  apa yang harus disantap ketika sarapan? Cobalah untuk memulai setiap hari dengan sarapan yang mengandung setidaknya 5 gram protein. Asupan protein di pagi hari diperlukan untuk mengaktifkan hormon norepinefrin, neurokimia yang berfungsi meningkatkan denyut jantung, berperan dalam proses belajar, ingatan, serta rangsangan emosional umum. Dengan satu butir telur, kebutuhan 5 gram protein sudah tercukupi.

4. Duduk terus
Duduk beberapa jam selama waktu kerja membuat enzim-enzim yang mampu mengurai lemak jadi tak berfungsi. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa berdiri dengan bertopang pada kaki membuat metabolisme berjalan normal dan kemampuan membakar kalori menjadi dua kali lipat dibanding saat duduk. Karena itu, luangkan waktu untuk berdiri. Misalnya ketika ada panggilan telepon, manfaatkan waktu itu untuk berdiri atau berjalan mengambil telepon yang berbunyi dan menerimanya sambil berdiri.

5. Junk food
Junk food adalah istilah untuk mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisinya. Makanan jenis ini sering diidentikkan dengan makanan-makanan fastfood. Saran untuk Anda, kurangi hasrat memakan makanan yang terlalu manis dan asin. Usahakan menggantinya dengan buah-buahan. Jeruk selain manis, juga memiliki kandungan vitamin C tinggi. Vitamin C selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga berguna untuk menjaga kekuatan jaringan ikat sehingga mencegah terjadinya nyeri punggung dan cedera, meningkatkan penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang, juga berfungsi sebagai antioksidan.

6. Membangun otot
Dengan otot-otot yang terlatih, proses pembakaran lemak dan kalori bisa lebih lancar.  Maka, olahraga untuk menumbuhkan otot (seperti bersepeda, berenang, atau angkat beban) memang perlu. Dengan memiliki otot-otot yang dilatih secara rutin, pembakaran lemak dan kalori bisa lebih mudah dilakukan. Bahkan saat kita duduk di meja kerja atau duduk di belakang kemudi saat terjebak lalu-lintas, pembakaran lemak masih berlangsung.

Selamat mencoba!
RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger