Home » » Bagi Anda yang merasa sibuk dan tidak ada waktu untuk berolahraga, itu bukanlah suatu alasan lagi. Anda juga bisa berolahraga sambil bekerja di kantor.

Bagi Anda yang merasa sibuk dan tidak ada waktu untuk berolahraga, itu bukanlah suatu alasan lagi. Anda juga bisa berolahraga sambil bekerja di kantor.

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.07

OLAHRAGA SINGKAT SAMBIL KERJA

7 OLAHRAGA SINGKAT SAMBIL BEKERJA

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sangatlah penting untuk menjalani aktivitas Anda dengan semangat dan produktif. Bagi Anda yang merasa sibuk dan tidak ada waktu untuk berolahraga, itu bukanlah suatu alasan lagi. Anda juga bisa berolahraga sambil bekerja di kantor.
Siapa bilang tidak bisa berolahraga di kantor? Olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk di kursi kerja Anda. Duduk terlalu lama bisa membuat otot tegang dan nyeri seperti di leher dan punggung. Jika berlangsung lama, maka bisa menyebabkan bekerja tidak maksimal.

Untuk mencegah hal tersebut, maka olahraga sangat dibutuhkan agar otot Anda tidak tegang selama Anda bekerja. Berikut 7 cara olahraga di kantor yang dilansir dari situsduniafitnes.com:
1.  Warm Up
Semua olahraga membutuhkan pemanasan terlebih dahulu. Anda bisa mulai sambil duduk di kursi Anda, lakukan peregangan pada jemari Anda, kemudian buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki, lanjutkan dengan peregangan otot leher dengan menariknya ke arah dada Anda dengan perlahan.
2.  Side-Neck Stretch
Latihan ini berfungsi untuk meregangkan otot leher dan menghindarkan Anda dari nyeri leher akibat duduk terlalu lama. Caranya, Duduk tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan, dan tahan selama 10 detik. Lakukan dengan posisi tubuh tegak.
3.  Shoulder Shrug
Salah satu bagian tubuh yang seirng merasa nyeri dan pegal adalah bahu. Ketika otot bahu Anda mengalami penegangan, maka tubuh Anda akan merasa sangat berat. Gerakan untuk mencegah nyeri bahu adalah, duduk tegak, angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi 3-4 kali.
4.  Back-Side Stretch
Duduk terlalu lama akan menyebabkan rasa sakit pada punggung. Untuk mencegahnya, Anda bisa duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan untuk melakukan peregangan otot bagian punggung.
5.  Middle-Back Stretch
Ini adalah latihan untuk meregangkan otot bahu dan lengan secara bersamaan. Latihan ini juga dapat membantu menghindari rasa kram dan kesemutan. Caranya adalah dengan duduk tegak, pegang siku kiri dengan tangan kanan, lalu gerakkan dan dorong siku kiri ke arah pundak kanan. Tahan selama 5 detik dan ulangi untuk siku sebelah kanan.
6.  Back and Leg Curl
Saat duduk di kursi, pegang kaki kanan di bagian depan betis Anda lalu angkat kaki tersebut sembari ditekuk. Posisikan tubuh sedikit membungkuk ke arah depan dan dekatkan hidung ke arah lutut. Ulangi untuk kaki sebelah kiri. Latihan ini dapat membantu meregangkan otot lutut dan paha.
7.  Leg Lift
Untuk meregangkan otot paha dan betis secara bersamaan, cobalah untuk duduk tegak pada bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari permukaan lantai dan tahan hingga beberapa saat. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat. Turunkan kaki kembali, dan ulangi gerakan dengan kaki kiri.
Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menyempatkan diri berolahraga. Olahraga dapat menjaga ketahanan fisik dan mental. Jika fisik dan mental Anda sehat dan bugar, maka jalan menuju kesuksesan juga akan dilalui dengan semangat!
Salam Sukses Luar Biasa!

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger