Home » » Cara khusyu dalam sholat

Cara khusyu dalam sholat

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Kamis, 12 Oktober 2017 | 12.16

Bagaimana caranya agar kita bisa KHUSYUK DLM SHOLAT ?....Sebenarnya ada banyak cara. Tapi cara termudah adalah: Membersihkan dahulu hati dan fikiran dari pengaruh godaan syetan. Karena sering kali hati dan fikiran kita tdk terfokus mengigat Allah ketika dlm sholat.
Caranya: Perbanyaklah melakukan amalan sunnah setiap hari secara rutin. Karena dengan melakukan amalan-amalan sunnah setiap hari, maka hati, badan dan fikiran kita akan bersih dari pengaruh syetan-syetan dan penyakit hati. Ibarat mandi gitu loh. Kalau tiap hari kan badan jadi bersih selalu.Tapi kalau jarang mandi badan jadi kotor dan baauuu. Begitu juga hati. Ia akan selalu bersih Apabila kotoran-kotorannya selalu dibuang dgn cara beramal sholeh.
Kita ambil saja contoh suatu amalan yg paling bagus khasiatnya untuk mengusir syetan atau penyakit hati, yaitu:
1.SHOLAT MALAM atau TAHAJJUD
Jika kita mengamalkannya dalam tiga hari berturut-turut. Maka 1 sampai 2 hari kedepan sesudahnya kita akan merasakan ketenangannya. (Surat: Ar-ra'd ayat 28 & Al-fath ayat 4). Bukan cuma ketenangan dlm hati, tp juga dlm fikiran ketika kita sedang melakukan sholat, baik sholat fardhu maupun sunnah. Dari mulai niat, takbiratul ihrom sampai salam, dijamin tidak ada fikiran-fikiran yg mengganggu alias khusyuk dan tenang. Karena pengaruh yg mengganggu hati & fikiran ketika kita sedang sholat itu sesungguhnya adalah syetan.
2. Itikaf
Ini adalah contoh mudahnya .Cobalah setelah selesai sholat Maghrib berjamaah di masjid, anda lakukan zikir tanpa henti atau membaca Al-Quran juga boleh (I'tikaf) sampai masuk waktu Isya. Lalu ketika anda memulai sholat Isya, pasti anda akan merasakan perubahan berupa ketenangan (kekhusyukannya). Fikiran-fikiran yg mengganggu ketika dlm sholat menjadi hilang total spt dlm keheningan. Hati yg mungkin sebelumnya emosi atau menggerutu menjadi ikhlas krn Allah. Saat itulah anda bisa fokus mengingat Allah.
3. Banyak berdzikir & Baca Quran
Inilah contoh yg lebih mudahnya lagi. Cobalah setelah sholat fardhu anda membiasakan diri dgn berzikir Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar, masing-masing 33x ditutup dgn lailahaillallahu-wahdahu-laa syarikalahu-dst (sesuai sunnahnya) ditambah baca Quran sehabis maghrib.Amalan ini haruslah rutin dilakukan tiap hari. Setelah anda mengamalkannya, dijamin tdk ada fikiran-fikiran yg mengganggu (khusyuk) ketika anda sedang sholat.
Hanya pembuktianlah yg nantinya membuat anda tahu akan hasilnya. Semakin banyak amalan sunnahnya, maka semakin menambah kekhusyukannya



Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger