Home » » tips golongan darah b

tips golongan darah b

Written By TABIB AGUS KONSULTAN KESEHATAN on Kamis, 18 Desember 2014 | 00.17


Makanan yang berbahaya untuk golongan darah B antara lain sebagai berikut
Makanan dari jenis daging dan ikan seperti :
• Daging asap yang diawetkan dengan dipanaskan :
Asap yang dihasilkan mengandung senyawa fenol dan formal dehida yang masing-masing bersifat membunuh bakteri dan membunuh jamur serta kandungan lemak jenuh dan kolesterol tinggi yang berakibat sakit jantung dan diabetes.
• Daging ayam :
Memilki kandungan kadar lemak yang rendah dan merupakan lemak tidak jenuh serta kandungan protein yang cukup tinggi kurang memberikan manfaat untuk golongan darah B.
• Babi :
Merupakan daging yang sangat kaya akan vitamin B6,B12, tiamin, niasin, riboflavin, dan pantothenic acid. Tingginya kandungan lemak jenuh pada daging babi memberikan efek yang negative bagi golongan darah B karena menyebabkan stroke dan jantung. ( Dalam Islam daging babi sangat di haramkan)
• Daging burung puyuh :
Kandungan protein yang tinggi dalam daging burung puyuh tidak baik untuk kesehatan golongan darah B karena lektinnya yang dapat mengumpalkan sel-sel darah merah golongan darah B.
• Daging bebek :
Mengandung protein mencapai 47% namun sayang protein pada daging bebek tidak bersahabat dengan golongan darah B sebab lektinnya dapat mengumpalkan darah sehingga menyebabkan timbulnya resiko medis.
• Daging angsa :
Kandungan protein dalam daging bebek merupakan lektin yang dapat menganggu kesehatan bagi golongan darah B.
• Udang :
Kandungan protein dalam udang justru dapat menjadi lektin yang menganggu kesehatan golongan darah B.
• Siput :
Siput kaya akan protein dan asam amino esensial namun perlu diwaspadai untuk golongan darah B kandungan lektin pada siput dapat membahayakan kesehatan tubuh golongan darah B.
• Gurita
Bagi orang-orang yang golongan darahnya B wajib menghindari karena lektin terdapat dalam gurita dapat mengumpalkan darah sehingga menganggu kesehatan bagi golongan darah B.
• Kerang :
Mengandung zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh diantaranya vitamin B6, vitamin D, niasin, dan omega 3 meskipun demikian lektin yang terkandung pada kerang sangat berbahaya bagi pemilik golongan darah B.

Makanan dari jenis sayuran dan buah-buahan seperti :
• Tomat :
Merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin A dan vitamin C namun bagi golongan darah B tomat merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena dapat memicu alergi dan menjadi penyebab timbulnya penyakit autoimun.
• Labu :
Kandungan zat besi pada labu yang dimana tidak baik untuk golongan darah B.
• Tauge :
• Jagung :
Mempunyai khasiat untuk membangun jaringan otot dan tulang baik untuk kesehatan otak dan sistem saraf dapat mencegah kosntipasi serta menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, gigi berlubang dan kolesterol darah. Namun bagi orang-orang yang golongan darah B disarankan tidak mengkonsumsi karena kandungan lektin dalam jagung justru dapat menganggu kesehatan saluran pencernaan.
• Kacang tanah :
Protein yang terkandung dalam kacang tanah sangat tinggi bahkan tinggi dari pada protein yang terdapat pada telur, daging dan kacang soya, meskipun demikian orang yang golongan darahnya B sebaiknya menghindari karena lektinnya dapat menganggu produksi insulin didalam tubuh.
• Kedelai dan segala produk olahannya (seperti tahu, tempe) :
Kedelai apabila dibuat tahu mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah sehingga aman bagi jantung namun bagi golongan darah B perlu waspada karena kandungan lektin yang terdapat pada kedelai dapat menganggu produksi insulin sehingga menimbulkan resiko bagi kesehatan.
• Buah belimbing :
Kandungan gizi cukup lengkap namun bagi orang-orang yang bergolongan darah B disarankan untuk menghindari buah delima karena kandungan lektin dalam buah delima dapat menganggu produksi insulin didalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.
• Kesemek :
Kandungan gizi cukup lengkap namun bagi orang-orang yang bergolongan darah B disarankan untuk menghindari buah delima karena kandungan lektin dalam buah delima dapat menganggu produksi insulin didalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.
• Avokad :
Kandungan didalam avokad yang tidak begitu baik untuk golongan darah AB adalah lemak, protein serta mineral seng yang dapat menganggu pencernaan golongan darah AB.
• Pare :
Kandungan lektin pada pare bersifat kontrapositif dengan sel-sel darah merah yang dapat menganggu produksi insulin didalam tubuh.
• Delima :
Kandungan gizi cukup lengkap namun bagi orang-orang yang bergolongan darah B disarankan untuk menghindari buah delima karena kandungan lektin dalam buah delima dapat menganggu produksi insulin didalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

Minuman yang berbahaya untuk golongan darah B seperti :
• Jus tomat kaya akan vitamin A dan vitamin C namun bagi golongan darah B tomat merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena dapat memicu alergi dan menjadi penyebab timbulnya penyakit autoimun.
• Minuman yang beralkohol dan bersoda karena kandungan lektin yang ada pada minuman tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh untuk golongan darah B.
• Es cream kandungan susu pada es cream membuatnya menjadi salah satu makanan lezat yang harus dihindari oleh golongan darah B karena orang-orang bergolongan darah B karena orang-orang yang bergolongan darah B menderita Intoleransi Laktosa.
• Susu kedelai yang dimana berbahan kedelai yang dapat menganggu produksi insulin orang-orang yang bergolongan darah B.
Makanan yang sangat bermanfaat untuk golongan darah B antara lain:
Ikan laut, susu sapi, keju, bubur gandum, roti essene, kue beras, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, telur, teh hijau, daging ( kambing, domba, kelinci, rusa ).
Makanan netral untuk golongandarah B antara lain :
Daging ( sapi, kerbau, kalkun, hati anak sapi), cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, dan jambu biji.

Olahraga untuk golongan darah B
Olahraga yang cocok dengan golongan darah ini adalah yang seimbang. Ini berarti mereka disarankan melakukan sedikit olahraga yang melibatkan olah napas serta penurunan stres seperti yoga, futsal,tennis,basket,volley ball, bersepada,mendaki gunung, bulu tangkis dan berenang tetapi juga perlu melakukan latihan kardio dan angkat beban.

Jus sehat untuk golongan darah B antara lain :
Jus brokoli orange yaitu dari buah apel 2 buah, brokoli 1 tangkai, dan wortel 4 buah. Atau bisa tidak dicampur-campur dengan buah lain. Manfaat : Menurunkan kolesterol, mengendalikan diabetes, mencegah kanker paru, melindungi tulang, dan menjaga pencernaan.
Jus wortel segar yaitu wortel 4 buah, apel 1 buah dan 1 sdm madu. Atau bisa tidak dicampur-campur dengan buah lain. Manfaat : Menurunkan kolesterol, mengendalikan diabetes, mencegah kanker paru, melindungi tulang, dan menjaga pencernaan.
Jus semangka memacu pembentukan nitrat oksida dan mengurangi pembekakan akibat retensi air (edema), plum karena berlimpah senyawa fitonutrisi dan antioksidan yang kuat, anggur,semua jenis anggur, nanas, pepaya dan pisang meja.
( Penjelasan diatas dikutib dari buku karya Lilis Hernayanti )
Share this article :

0 komentar:

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNU MALKAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger